CARA CEPAT DAPAT UANG DARI INTERNET - CARA CEPAT DAPAT UANG DARI INTERNET - CARA CEPAT DAPAT UANG DARI INTERNET - CARA CEPAT DAPAT UANG DARI INTERNET - CARA CEPAT DAPAT UANG DARI INTERNET - CARA CEPAT DAPAT UANG DARI INTERNET - CARA CEPAT DAPAT UANG DARI INTERNET

OBYEK WISATA UMBUL PONGGOK


Obyek wisata Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten kini sangat populer manakala ada yang menyamakanya dengan Bunaken Air Tawar, karena air yang jernih dan banyaknya jenis ikan air tawar yang berwarna warni yang berkeliaran di dalamnya.
Obyek wisata air Umbul Ponggok ini sangat cocok bagi anda yang ingin merasakan sensasi snorkeling atau diving di air tawar. Umbul ini memiliki ukuran panjang sekitar 70 meter dan lebar sekitar 40 meter dengan kedalaman antara 2-3 meter, yang kerap dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk latihan snorkeling dan diving atau pegunjung yang sekedar ingin berenang sambil berfoto di bawah air.

Umbul Ponggok ini sebenarnya sudah ada sejak lama, ditandai dengan adanya beberapa pohon Gayam yang berdiri kokoh di pinggir kolam. Secara ekologis pohon gayam tersebut berperan penting dalam keberadaan air. Perakaran pohon gayam mampu menyimpan air dalam jumlah banyak, sehingga bisa menjaga kuantitas jumlah air di umbul.

Air didalam Umbul Ponggok ini terus mengalir, terdapat sumber mata air dari dasar kolam dan dialirkan melalui sungai membuat kolam ini terus jernih dan tidak berbau walaupun banyak terdapat ikan didalamnya. Didasar kolam pun dapat kita temui keunikan lainya yaitu, disekitar sumber mata air yang berasal dari dasar kolam terdapat semburan gelembung-gelembung kecil yang sangat indah.

Sebelumnya keberadaan umbul hanya digunakan sebagai sumber air bersih untuk PDAM, mandi, dan mencuci. Kini semakin gencaranya pemberitaan mealui media sosial dan televisi keberadaan umbul ponggok tak lagi dipandang sebelah mata. Kini umbul ponggok sudah menjadi tujuan wisata lokal bahkan ada juga yang jauh-jauh dari luar kota untuk melancong menuju umbul. Rasa penasaran yang kemudian berubah menjadi ketagihan, menjadi alasan para pelancong untuk datang dan kembali datang lagi.

Dengan ber-snorkling para pengunjung bisa menikmati jernih dan segarnya air sambil melihat ikan air tawar yang beragam jenis. Ikan-ikan di sini sudah familiar dengan keberadaan para pengunjung yang berenang sehingga acapkali menjadi obyek fotografi bawah air yang menarik pengunjung.

Di Umbul Ponggok sudah tersedia fasilitas yang cukup lengkap, para pengelola sudah menyediakan alat-alat snorkeling dan diving serta pelampung, ban pelampung dan kamera bawah air. Jika anda berkunjung kesini dengan membawa serta anak-anak anda, jangan khawatir karena disini juga sudah disediakan kolam untuk anak-anak lengkap dengan wahananya. Fasilitas lainnya juga sudah disediakan seperti kamar mandi, mushola, warung makan yang menyajikan kuliner ikan. Bagi anda yang membawa ponsel atau kamera sendiri untuk berfoto, disini juga ada yang menyediakan jasa laminating kamera ponsel atau kamera.

Dari segi keamanan, di Umbul Ponggok juga sudah disediakan tim resque yang selalu siap siaga mengawasi dan memberi pertolongan pada para pengunjung jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sampai saat ini Umbul Ponggok banyak diminati oleh pengunjung dari dalam maupun luar kota. Pada waktu weekend atau liburan tempat ini akan sangat ramai, terutama mereka yang ingin menikmati bersama keluarga.

Lokasi
Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten Jawa Tengah

Akses
Akses ke Umbul Ponggok cukup mudah. Jika anda dari Jogja arah ke Solo, setelah melewati Kota Klaten kanan jalan akan anda temui terminal Sub Penggung dari situ belok kiri dengan jalan yang lumayan lebar dan tidak begitu ramai. Ikuti jalan tersebut sampai anda menemui papan penunjuk arah jurusan Cokro-Solo-Boyolali. Ikuti arah tersebut sejauh sekitar 3 km, sebelah kiri jalan akan anda temui permandian Umbul Ponggok. Akan lebih efektif bila kita menggunakan teransportasi pribadi.

Akomodasi
Karena tempatnya di tengah pedesaan, akan jarang kita temukan penginapan ataupun hotel di sekitar Umbul Ponggok. Tetapi bila anda mengingginkan penginapan, Kota Klaten menjadi tempat paling dekat dengan Obyek Wisata ini. Untuk kuliner banyak kita jumpai di warung-warung sekitar kolam Umbul Ponggok, tempe mendoan hangat dan kopi akan sedikit mengurangi rasa dingin setelah kita berendam di kolam.