CARA CEPAT DAPAT UANG DARI INTERNET - CARA CEPAT DAPAT UANG DARI INTERNET - CARA CEPAT DAPAT UANG DARI INTERNET - CARA CEPAT DAPAT UANG DARI INTERNET - CARA CEPAT DAPAT UANG DARI INTERNET - CARA CEPAT DAPAT UANG DARI INTERNET - CARA CEPAT DAPAT UANG DARI INTERNET

ASAL USUL MENGAPA DINAMAKAN SEBAGAI KOLAM UMBUL PONGGOK KLATEN


Asal usul mengapa dinamakan sebagai Kolam Umbul Ponggok Klaten karena Umbul berarti mata air dan Ponggok adalah nama Desa dimana kolam ini berada. Pada zamannya dahulu, kolam Umbul Ponggok Klaten ini berfungsi sebagai irigasi perkebunan dan digunakan masyarakat sebagai destinasi wisata.

Kolam dengan panjang sekitar 70 meter dan lebar sekitar 40 meter ini memiliki sumber mata air yang terletak di dasar kolam. Kejernihan air Kolam
Umbul Ponggok ini membuat kilau dan warna-warni ikan yang berenang akan terlihat eksotis saat tertangkap kamera didalam air. Hanya dengan membayar retsibusi seharga Rp 5.000/orang, kalian bisa sepuasnya bermain bersama ikan-ikan yang berenang sambil berselfie ria didalam kolam.
Umbul Ponggok Klaten

Beberapa tema foto dalam air di Kolam Umbul Ponggok ini memang tidak lumrah alias anti mainstream. Bagaimana mungkin bisa berdiri sebuah tenda didalam air atau melakukan aktifitas layaknya dibibir pantai seperti berjemur dibawah payung warna-warni atau menonton televisi. Memang, semua tema itu bukan khayalan dan dapat diwujudkan hanya di Kolam Umbul Ponggok Klaten.

Kolam Umbul Ponggok Klaten ini beralamat di Jalan Polanharjo, Ponggok, Klaten, sekitar 25 kilometer dari kota Solo. Kolam yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda ini memiliki kedalaman 1,5 meter hingga 2,6 meter. Bagi kalian yang kurang mahir berenang bisa menyewa life vest dan alat-alat snorkeling dengan harga yang terjangkau.
umbul ponggok

Uniknya lagi, kolam khas zaman dahulu masih tetap dipertahankan oleh pengelola Kolam Umbul Ponggok Klaten ini. Dengan dasar bebatuan  dan hamparan pasir membuat kesan kolam sangat alami dan natural. Wajar jika banyak nitzen yang begitu membanggakan foto-foto mereka saat selfie bersama ikan-ikan di Umbul Ponggok Klaten. Kesannya seperti berada di lautan atau di danau tengah hutan.

Menurut beberapa traveler yang pernah kesana, sesi foto akan lebih baik jika dilakukan pada saat pagi hari. Selain karena matahari belum terlalu tinggi, pasir didasar Kolam Umbul Ponggok Klaten ini juga belum banyak naik sehingga mengaburkan pandangan. Ditengah popularitas Kolam Umbul Ponggok ini, sebaiknya memang kalian datang pagi-pagi disaat weekdays demi mendapatkan foto terbaik. Kecuali jika kalian datang dengan niat lain misalnya mencari kenalan baru dan berbaur berama wisatawan lagi menikmati dinginnya air Kolam Umbul Ponggok Klaten.
umbul ponggok

Umbul Ponggok Klaten ini juga ternyata sudah biasa digunakan sebagai latihan diving. Sumpah deh mendingan latihan diving disini karena suasananya seperti laut beneran. Beda rasanya kalau cuma latihan diving di kolam renang biasa yang hanya dibatasi dengan dinding-dinding keramik berwarna biru atau putih. Dijamin nuansa lautnya kena banget kalau latihan diving di Umbul Ponggok Klaten.

Nuansa dan suasana seperti berada di lautan inilah yang menjadi keunggulan atau daya jual Kolam Umbul Ponggok Klaten ini. Ikan-ikan tawar yang berada di kolam ini memang sengaja dipelihara. Ukurannya beragam, mulai dari yang paling kecil hingga yang cukup besar. Kalian tidak perlu khawatir karena ikan air tawar ini sudah terbiasa dengan keberadaan manusia dan sangat jinak. Airnya juga tidak berbau amis meskipun menjadi habitat para ikan karena air didalam kolam ini langsung dari mata air kemudian mengalir ke sungai-sungai di sekitarnya.
umbul ponggok

Akses jalan menuju Umbul Ponggok ini tidaklah terlalu sulit. Dari Jalan Solo-Yogya perhatikan saja pom bensin Pakis lalu belok kanan. Ikuti saja jalannya hingga agak berkelok sampai pertigaan, lalu belok kiri. Umbul Ponggok Klaten tidak terlalu jauh hanya sekitar 25 meter saja dari tugu yang telah kalian lewati. Jika masih kurang jelas kalian bisa bertanya pada warga atau menggunakan kordinat GPS dibawah artikel ini.

Daftar Harga Penyewaan di Kolam Umbul Ponggok Klaten*

Ø Retribusi Rp 5.000/orang
Ø Sewa Fin/Kaki Katak Rp 7.000
Ø Sewa Snorkel Rp 12.000
Ø Sewa Pelampung Rp. 7.000
Ø Sewa Ban Rp 5.000
Ø Sewa Kamera Underwater Rp. 60.000/30 menit, Rp. 100.000/60 menit
Ø Parkir Motor Rp. 2.000
Ø Parkir Mobil Rp. 4.000
Ø Ruang Bilas Rp 1.000
Ø Foto grup Underwater paket untuk 7 orang Rp. 100.000/60 menit.


Tips dan Panduan Wisata ke Kolam Umbul Ponggok, Klaten, Jawa Tengah.

Ø Disarankan kalian membawa alat snorkeling sendiri ya supaya lebih bebas mengeksplorasi kolam Umbul Ponggok ini.
Ø Di Kolam Umbul Ponggok ini sudah tersedia paket foto untuk prewedding dengan harga mulai dari Rp. 1.699.000 sampai dengan Rp. 2.290.000.
Ø Jika kalian ingin mendapatkan momen foto Underwater terbaik, sebaiknya dilakukan antara pukul 07.00 – 09.00 WIB atau sore hari pukul 14.00 – 16.00 WIB.
Ø Jika tidak bisa berenang tidak perlu khawatir, kalian masih bisa foto underwater kok. Karena untuk foto kalian memang tidak memerlukan keterampilan berenang yang penting kalian harus bisa senyum didalam air :)
Ø Kalian bisa bebas berkreasi di Kolam Umbul Ponggok Klaten ini dengan berbagai gaya dan kostum. Seuaikan dengan tema yang kalian pilih dan kalian suka sesuai dengan selera.

Ø Pastikan kalian membawa action camera dengan housing atau water proof jika ingin beraksi secara pribadi dan tanpa malu.













ASAL USUL MENGAPA DINAMAKAN SEBAGAI KOLAM UMBUL PONGGOK KLATEN